JOMBLONOLY

Diposting oleh Unknown , Kamis, 03 Juli 2014 12.16

Kepada para jomblo di mana pun Anda galau,
Izinkan saya terlebih dahulu memperkenalkan diri saya ini. Nama saya adalah Ir. Prof. Dr. Wiwin Darwin, MBA., Msc., McD Delivery Service. Biasa di panggil ‘Prof. Darwin’ oleh murid-murid saya, ‘Doktor Darwin’ oleh keluarga saya atau ‘Si Monyet yang Suka Parkir Sembarangan’ oleh tetangga saya.

                Maksud dan tujuan saya ini adalah untuk memperkenalkan Jomblonolgy, yaitu sebuah bidang keilmuan yang mempelajari segala sesutu tentang jomblo. Bidang ilmu ini baru dan belum ada satu pun Universitas yang mengakui keberadaan nya. Karena memang tidak penting.
                Sudah banyak paper yang saya terbitkan selama saya mendalami Jomblonolgy. Di antaranya, skripsi saya yang berjudul Hubungan Antara Potongan Rambut Model Tentara dan Pasangan yang Kebanyakan Bedak: Studi Kasus Krisdayanti dan Raul Lemos, dan master tesis saya berjudul Malam Minggu dan Intesitas Galau Remaja yang Kronis.
                Dalam kesempatan ini, saya akan menghadirkan dua Paper terbaru saya yang berjudul Macam-macam Jomblo Menurut Penyebab-nya dan Mencari Pacar Dengan Bauran Pemasaran.
                Paper ini saya tulis untuk orang membantu lepas dari kejombloan. Ide membuat Paper ini tercetus ketika saya sendiri sudah frustasi karena jomblo melulu. Terus terang, waktu itu saya gelap mata. Saking frustasi karena lama menjomblo, saya samapai mencoba bunuh diri meloncat dari kereta api yang sedang berjalan. Namun, saya gagal, karena kereta yang saya naiki adalah kereta karetan untuk anak-anak yang sering lewat di lantai dua Mall Ramayana, Pontianak.
                Cukup tentang diri saya.
                Mari kita simak, Paper saya yang pertama.

MACAM-MACAM JOMBLO MENURUT
PENYEBABNYA
                Di Indonesia, Jomblo (nama ilmiah: fakir asmara) sering dianggap sebagai warga Negara kelas dua. Mereka dilecehkan, diledek, dan dianiaya secara Psikologis. Setiap malam Minggu, mereka sibuk nangis sambil sampoan. Beberapa dari mereka tidak mengenal apa itu Malam Minggu, hanya mengenal sabtu malam
                Tapi, apa itu jomblo?
                Kenapa seseorang bisa menjomblo?
                Berikut saya paparkan tiga tipe jomblo menurut penyebab nya
     A.      Jomblo Struktual
        Jomblo Struktual adalah keadaan seseorang menjadi jomblo karena kualitas orang tersebut (penawaran) dengan kemauan lawan jenis (permintaan) tidak seimbang.
        Jadi, Jomblo Struktual karena apa yang kita punya (fisik dan kepribadian) tidak sesuai dengan apa yang lawan jenis inginkan.
        Misalnya, ada cowok jelek naksir cewek cantik. Sementara, cewek cantik tersebut maunya cowok yang ganteng dan perhatian. Dari sini sudah terlihat: tidak ketemu penawaran dengan permintaan. Jomblo deh.
        Jomblo Struktual juga bisa terjadi untuk cewek.
        Misalnya, ada seorang cewek yang kulitnya hitam dan giginya taring semua, sementara cowok yang dia taksir maunya yang putih dan giginya rata. Terjadi kembali ketidak cocokan antara penawaran dengan permintaan. Jomblo lagi deh.

                Jomblo Struktual bisa dihindari dengan cara berikut:
        1)      Meningkatkan kualitas kita, supaya bisa memenuhi permintaan lawan jenis. Berarti kalau selama napasnya bau, harus sering-sering ngemil melati. Kalau selama ini jelek, harus operasi plastic… itu pun kalau ada ember yang mau.
        2)      Mencari pasar lain. Berarti harus mencari cewek atau cowok yang mau dengan kualitas-kualitas (penawaran) yang kita punya. Dengan kata lain: nurunin standar. Kalo kamu adalah bulu keteknya nyambung sampai rambut, jangan nyoba ngegebet Madilyn Bailey atau Taylor Swift
                Semakin kita nurunin standar, semakin besar kemungkinan mendapatkan lawan jenis yang bertemu dengan penawaran kita.

     B.      Jomblo Cyclical
        Jomblo Cylical terjadi karena orang untuk pacaran menurun di masa-masa tertentu, jadinya banyak orang jomblo. Misalnya: menjelang ujian. Banyak orang jomblo berkepanjangan sewaktu menjelang ujian semesteran atau ujian masuk Universitas Negeri karena focus cewek dan cowok adalah belajar. Ini menyebabkan angka jomblo meningkat drastis.
        Namun, jangan khawatir, sesuai dengan namanya, cyclical berarti ada siklusnya. Jadi, akan ada masa saat banyak orang punya pacar lagi. Misalnya, masa liburan. Di masa ini, orang kepingin punya pacar agar bisa liburan bareng. Atau banyak orang yang cinlok (bukan makanan bandung yah) di tempat berlibur. Menjelang Valentine, orang-orang juga kepengin punya pacar.
        Cara terbebas dari Jomblo Cyclical adalah dengan menunggu sampai masa-masa orang enggak mood pacaran lewat.

     C.      Jomblo Friksional
        Jomblo Friksional adalah kejombloan yang disebabkan oleh mereka yang baru putus dan ingin waktu sendiri dulu sebelum pacaran lagi.
                Jadi, Jomblo Friksional sifatnya sukarela, orang-orangnya memilih ngejomblo mulu.
                Jomblo Friksional biasanya terjadi pada cewek yang ‘gak mau pacaran dulu’ karena abis disakitin sama pacarnya dulu, dan belum mau pacaran lagi.
                Caranya terbebas dari Jomblo Friksional?
                Ya, Move On.
Tadi, saya sudah membahas macam-macam jomblo. Mudah-mudahan sekarang Anda tahu tipe seperti apakah Anda. Ketika sudah tahu jenis jomblo apakah Anda, hal berikutnya yang harus diperhatian adalah bagaimana mendapatkan pasangan.
MENCARI PACAR DENGAN BAURAN
PEMASARAN
                Seseorang yang sedang mencari pacar harus bisa memasarkan diri mereka. Dalam perspektif pemasaran, ada yang namanya bauran pemasaran (marketing mix) yang bisa digunakan untuk membantu seseorang mendapatkan pacar.
                Dengan menggunakan bauran pemasaran, ada empat aspek yang harus diperhatian dalam mencari pacar. Keempat aspek itu adalah Produk, Placement, Promotion, dan Price. Kalau keempat aspek tersebut dilakukan dengan baik, pasti seseorang akan cepat mendapatkan pacar.
     A.      Produck
        Apa yang dimaksud dengan produk? Sebagai seorang jomblo, produk berarti dirinya sendiri. Sama kayak jualan barang, seorang jomblo harus punya produk yang menarik (fisiknya bagus atau kepribadiannya baik) agar dapat menjual dirinya. Tentukan produk kita (kualitas diri sendiri) dengan kemauan pasar (kemauan cewek/cowok).
        Produk juga mengacu pada kemasan yang baik. Kita harus punya kemasan yang menjual. Jadi, jangan harap cewek/cowok jatuh hati kepada kita kalo gaya dandan andalan kita hanya sebatas pakai karung beras kemana-mana. Produk juga berarti harus punya positioning yang unik, misalnya yang jago olahraga. Semakin unik kita, maka kesempatan diperhatikan orang lain semakin besar.
     B.      Place
        Untuk dapat pacar, kita harus pintar. Mendistribusikan diri sendiri.  Artinya, kita harus sering-sering kelihatan dimana-mana dan eksis. Semakin eksis, semakin besar kemungkinan ketemu calon pacar. Caranya gampang: ikuti kegiatan-kegiatan sekolah, kampus, dan sering-sering kopi darat.
Jumlah ekskul berbanding lurus dengan kemungkinan dapet pacar.
        Semakin banyak kanal distribusi, semakin bertambah pula kesempatan Anda untuk dapat pacar. Intinya, Anda harus tepat meilih tempat untuk mendistribusikan diri supaya orang lain bisa tahu Anda.
        Lewat Twitter, Anda juga bisa eksis dengan menulis status yang lucu-lucu setiap hari. Tapi, jangan terlalu kebelet eksis dengna cara me-mantion orang-orang atau selalu ngetwit ‘f0lB3k e33a4akKkss55 Qaq444ss’ ke setiap orang. JANGAN!!!
     C.      Promotion
        Promosi berkaitan dengan semua bentuk komunikasi yang digunakan si jomblo untuk memasarkan dirinya. Bentuk mempromosikan diri Anda bisa macam-macam. Mulai dari meminta teman untuk ngejodohin atau juga tampil di acara radio sekolah/kampus. Untuk membuat promosi semakin menarik, bisa dibuat sebagai penawaran khusus. Misalnya: ‘Kalo lo mau pacaran sama gue, gue bakal traktir lo tiap hari!’. Namun jangan melakukan tindakan ekstrem seperti: ‘Kalo lo mau pacaran sama gue, gue bakalan berhenti menyandera bokap-nyokap lo!’
        Contoh kegiatan yang benar adalah minta teman kita untuk mempromosikan Account Twitter kita kepada segerombolan lawan jenis. Sementara contoh kegiatan promosi yang keliru adalah beredar di ITC adalah sambil nawarin diri ke orang lewat, ‘Kakak… pacarnya boleh?, Kakak… pacarnnya boleh….’ JANGAN!!!
        Begitulah kira-kira cara mempromosikan supaya cepat dapat pacar.
     D.      Price
        Price adalah harga yang harus dibayar untuk sebuah produk. Kalau ada sebotol sampo seharga 1 Juta rupiah, pasti Anda tidak mau beli karena kemahalan. Sementara, kalau ada sebotol sampoh yang di jual supermarket seharga 1000 rupiah, Anda juga pasti gak akan beli karena harga tersebut kemurahan… sebotol sampoh Cuma 1000 rupiah, sampo nya sebagus apa? Mungkin anda berpikir jangan-jangan isinya sabun colek.
        Sama kayak mencari pacar. Anda harus punya harga psikologis yang pas. Jadi, jika Anda seorang cewek lebay, drama, dan suka bohong maka akan susah dapat jodoh karena ‘harga psikologis’ Anda terlalu murah sehingga mereka tidak mau memiliki Anda.
        Sebaliknya, kalau Anda cowok yang rajin ibadah, ganteng, dan tajir maka’harga psikologis’ Anda mahal. Orang akan berlomba untuk mendapatkan Anda karena ada prestige tersendiri buat dapetin Anda.

                Itulah tadi dua Paper ilmiah saya dalam Study ilmu Jomblonology.
                Semoga apa yang saya sampaikan dapat membantu Anda sekalian untuk mendapatkan pasangan. Bagi kaum jomblo, ingat: tidak ada yang namanya Malam Minggu, adanya Sabtu Malam!
                Mudah-mudahan dengan kedua Paper saya barusan, Anda sekalian bisa lebih memahami mengapa Anda jomblo dan segera terlepas dari status fakir asmara itu dan bisa segera memberikan sedekah cinta.
 Sampai Jumpah, dan Salam,
 Ir. Prof. Dr. Wiwin Darwin, MBA., Msc., McD Delivery Service.

0 Response to "JOMBLONOLY"

Posting Komentar

About Me